4 Penyebab Konten di SERP Google Turun Peringkat

Search Engine Results Page (SERP) adalah halaman yang ditampilkan setiap kali Anda memasukkan kata kunci pencarian ke mesin pencari, seperti Google. Daftar situs web yang muncul sesuai kata kunci Anda adalah salah satu sumber utama lalu lintas organik bagi sebagian besar bisnis.

Namun saat ini situs web Anda mungkin kehilangan posisi di peringkat kata kunci yang Anda target. Jadi apa alasan mengapa ini bisa terjadi? Dan apa yang bisa Anda lakukan?

Nah, Mas AndiSyam adalah salah satu jasa SEO terbaik di Jogja menyediakan solusi desain web, SEO, dan pemasaran yang berharga untuk berbagai klien, di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami telah membuat panduan ini untuk segala hal yang perlu Anda ketahui tentang alasan umum situs web kehilangan peringkat SERP.

Apa alasan paling umum situs web kehilangan peringkat SERP?


Ada sejumlah alasan mengapa situs web dapat mengalami perubahan negatif pada posisi peringkat untuk kata kunci pencarian yang sama. Alasan paling umum meliputi:

1. Sifat hasil pemeringkatan yang bersifat sementara


Hanya karena situs web Anda telah berada di posisi teratas selama bertahun-tahun, tidak berarti akan selalu demikian. Ketika algoritma pencarian berubah dan berbagai bisnis muncul dengan menggunakan kata kunci yang sama, maka lingkungan SERP adalah dinamis yang terus berubah, tidak memungkinkan adanya rasa puas diri, dan tidak memberikan konsistensi.

2. Kehilangan keunggulan kompetitif


Jika situs web atau konten Anda memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan lain yang serupa, mereka mungkin telah membuat perubahan yang memungkinkan mereka untuk menyalip Anda. Dari mendapatkan lebih banyak tautan balik, hingga mengubah jenis konten, dan desain seluler, serta sejumlah perubahan yang bisa mereka lakukan untuk akhirnya mengklaim posisi yang lebih tinggi.

Dengan begitu hal ini akan membuat Anda untuk bekerja lebih keras lagi pada strategi Search Engine Optimization (SEO).


3. Backlink yang Hilang


Perusahaan Anda mungkin telah membuat sejumlah tautan sah ke berbagai situs perusahaan, dan mungkin telah mendapatkan sejumlah tautan balik yang bereputasi baik dan otoritatif, namun seiring berjalannya waktu, tautan-tautan tersebut dapat diganti atau dihapus, yang akan berdampak negatif pada posisi SERP web perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa backlink hilang tersebut secara teratur, dan terus mencoba membangun koneksi tautan balik tersebut.

4. Perubahan Algoritma


Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma untuk menentukan peringkat semua situs web yang mereka indeks. Hal ini didasarkan pada hal-hal seperti original konten, kualitas informasi dan relevansinya bagi pengguna, serta detail teknis seperti markup skema, struktur halaman, dan waktu pemuatan. Algoritma Google dan mesin pencari lain terus berkembang dan berubah untuk mencoba memberikan hasil pencarian terbaik untuk kata kunci pencarian mereka kepada semua pengguna situs web. Akibatnya, situs web yang berada di peringkat teratas dapat mengalami perubahan posisi jika algoritma berubah.

Bagaimana menjaga peringkat SERP Anda?


Jika Anda ingin mempertahankan peringkat teratas, dan mempertahankan tingkat lalu lintas organik yang tinggi mengalir ke situs web Anda, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah terus mengurus situs web Anda dengan konsisten. Teruslah memproduksi konten berkualitas tinggi, dan menargetkan serangkaian kata kunci yang terkait dan relevan, serta meningkatkan situs web Anda secara keseluruhan. Anda juga harus memperhatikan pembaruan algoritma baru dan mencoba melakukan perubahan jika sesuai atau diperlukan.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies