Google baru-baru ini memperkenalkan perayap web baru yang disebut "GoogleOther", yang dirancang untuk mengurangi beban pada Googlebot (perayap indeks pencarian utamanya).
Penambahan perayap baru ini pada akhirnya akan membantu Google mengoptimalkan dan merampingkan operasi perayapannya.
Perayap web juga dikenal sebagai robot atau laba-laba, secara otomatis menemukan dan memindai situs web.
Googlebot bertanggung jawab membuat indeks untuk mesin pencari Google.
GoogleOther adalah perayap web umum yang akan digunakan oleh berbagai tim produk dalam Google untuk mengambil konten yang dapat diakses publik dari situs web.
Googlebot & GoogleOther Berbagi Peran
Tujuan utama perayap GoogleOther yang baru adalah untuk mengambil alih tugas tidak penting yang saat ini dilakukan oleh Googlebot.
Dengan begitu, Googlebot kini hanya dapat berfokus pada pembangunan indeks penelusuran yang digunakan oleh Google Penelusuran.
Sementara itu, GoogleOther akan menangani pekerjaan lain, seperti penelitian dan pengembangan (R&D), yang tidak terkait langsung dengan pengindeksan pencarian.
GoogleOther Mewarisi Infrastruktur Googlebot
GoogleOther berbagi infrastruktur yang sama dengan Googlebot, artinya memiliki batasan dan fitur yang sama, termasuk batasan beban host, robots.txt (walaupun dengan token agen pengguna yang berbeda), versi protokol HTTP, dan ukuran pengambilan.
Pada dasarnya, GoogleOther adalah Googlebot yang beroperasi dengan nama yang berbeda.
Implikasi Untuk SEO & Pemilik Situs
Pengenalan GoogleOther seharusnya tidak memengaruhi situs web secara signifikan, karena beroperasi menggunakan infrastruktur dan batasan yang sama seperti Googlebot.
Meskipun demikian, ini merupakan inovasi penting dalam upaya berkelanjutan Google untuk mengoptimalkan dan merampingkan proses perayapan webnya.
Jika Anda mengkhawatirkan GoogleOther, Anda dapat memantaunya dengan cara berikut:
- Analisis log server : Tinjau log server secara rutin untuk mengidentifikasi permintaan yang dibuat oleh GoogleOther. Ini akan membantu Anda memahami seberapa sering ia merayapi situs web Anda dan halaman mana yang dikunjunginya.
- Perbarui robots.txt : Pastikan file robots.txt Anda diperbarui untuk menyertakan aturan khusus untuk GoogleOther jika perlu. Ini akan membantu Anda mengontrol akses dan perilaku perayapannya di situs web Anda.
- Pantau statistik perayapan di Google Search Console : Awasi statistik perayapan di dalam Google Search Console untuk mengamati setiap perubahan dalam frekuensi perayapan, anggaran perayapan, atau jumlah halaman yang diindeks sejak diperkenalkannya GoogleOther.
- Lacak kinerja situs web : Pantau metrik kinerja situs web Anda secara rutin, seperti waktu muat, rasio pentalan, dan keterlibatan pengguna, untuk mengidentifikasi potensi korelasi dengan aktivitas perayapan GoogleOther. Ini akan membantu Anda mendeteksi jika perayap baru menyebabkan masalah tak terduga di situs web Anda.
Open Disqus Close Disqus