Kesetaraan dan keadilan sosial penting bagi pelanggan. Pasar penuh dengan produk dan layanan digital. Pelanggan memilih siapa yang mereka dukung dengan melihat apa yang ditawarkan dan bagaimana hal itu disajikan. Mari kita lihat lebih dekat strategi ini dan bagaimana Anda bisa menerapkannya.
Apa itu pemasaran inklusif?
Pemasaran inklusif adalah pemasaran yang merangkul seluruh umat manusia dalam segala keragamannya. Ini termasuk orang-orang dari segala usia, ras, etnis, agama, jenis kelamin, seksualitas, dan status disabilitas. Ini lebih dari sekadar strategi merek untuk menghasilkan penjualan. Pemasaran inklusif telah menjadi cerminan Anda, pengusaha, dan bisnis Anda.
Kehidupan modern kita telah dibentuk oleh orang-orang yang secara aktif memperjuangkan kesejahteraan, kesetaraan, dan keadilan sosial. Namun, mendukung keragaman secara pasif saja tidaklah cukup. Untuk membuat hubungan yang langgeng dengan pelanggan, Anda harus mencerminkan dukungan aktif itu melalui kehadiran online dan keputusan pemasaran Anda.
Mengapa itu penting?
Ada kurangnya keragaman di tempat kerja di seluruh dunia. Orang kulit putih terlalu terwakili dalam posisi kekuasaan dan pengambilan keputusan dalam bisnis. Kurangnya keragaman di bagian atas menetes ke barang dan jasa yang ditawarkan.
Orang kulit berwarna, jenis kelamin, minoritas seksual, dan penyandang disabilitas telah terlalu lama menjadi renungan pemasaran. Sekarang, pelanggan mencari merek yang secara akurat mewakili siapa mereka. Mereka membuat keputusan pembelian dengan mempertimbangkan banyak faktor, termasuk biaya, kenyamanan, dan emosi.
Pelanggan ini sangat ingin mendukung pengusaha wanita dan bisnis yang didirikan oleh minoritas. Mereka ingin menggunakan uang mereka secara efisien untuk meningkatkan kehidupan mereka dan mendukung perubahan masyarakat. Bisnis Anda bisa mendapatkan keunggulan yang menentukan di pasar yang kompetitif dengan secara jelas menunjukkan identitas inklusif yang layak didukung.
Tren terkini dalam pemasaran inklusif
Pemasaran inklusif secara aktif menunjukkan dukungan merek Anda untuk keragaman dan kesetaraan. Mari kita lihat beberapa perusahaan yang melakukannya dengan benar. Seperti apa tampilannya dalam aplikasi dunia nyata?
Nike adalah merek atletik yang diakui secara internasional yang didirikan pada tahun 1964 dan masih kuat. Nike telah tumbuh dan berkembang dengan tetap fokus pada prinsip utama. Pernyataan misi Nike, diposting keras dan bangga di situs web mereka, adalah "If you have a body, you’re an athlete". Lini produk dan kampanye pemasaran bisnis mencerminkan komitmen itu. Hal ini juga memandu strategi masa depan mereka untuk mendiversifikasi budaya perusahaan mereka.
Cara membuat strategi pemasaran yang beragam dan inklusif
1. Tunjukkan komitmen Anda terhadap inklusivitas
Buat pernyataan bahwa bisnis Anda inklusif dan menghormati keragaman manusia. Letakkan pernyataan ini di kehadiran online Anda di media sosial dan halaman situs web Anda.
2. Bangun tim yang beragam
Anda dan bisnis Anda selalu bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki perspektif yang beragam. Ini dapat mencakup:
- Mempekerjakan dengan memperhatikan keragaman.
- Bekerja dengan pembaca sensitif untuk novel yang diterbitkan.
- Mendapatkan beragam pendapat saat menguji audiens.
- Berkolaborasi dengan orang-orang dari berbagai ras, jenis kelamin, dll.
3. Pilih gambar yang mencerminkan audiens target Anda
Untuk mencerminkan audiens Anda, Anda perlu memahami mereka. Lakukan riset dan analisis untuk melihat siapa yang merespons pemasaran Anda. Selanjutnya, teliti potensi Anda, audiens yang lebih komprehensif. Gambar apa yang dapat Anda pilih yang menarik bagi pelanggan lama dan baru? Apa yang akan mencerminkan siapa mereka dan apa yang mereka sukai?
4. Gunakan bahasa inklusif
Cari istilah dan bahasa netral untuk digunakan dalam pemasaran Anda.
5. Buat konten untuk semua demografi
Cari cara untuk memperluas jangkauan konten yang Anda tawarkan. Bangun portofolio konten yang beragam yang menarik bagi pelanggan saat ini dan demografi yang lebih luas. Ambil risiko kreatif sesekali dengan kursus yang ditujukan untuk orang-orang yang belum menjadi pelanggan.
Untuk saran yang lebih spesifik:
- Buat konten ramah disabilitas dengan teks tertera, deskripsi teks di bawah gambar, dan gerakan dan teknik alternatif yang sesuai dengan kemampuan fisik yang berbeda.
- Optimalkan situs web Anda, sehingga bebas dari kekacauan, memiliki kontras tinggi antara teks dan latar belakang, dan menggunakan font yang mudah dibaca dan citra inklusif.
- Beriklan di berbagai ruang untuk menjangkau kelompok orang yang lebih luas.
6. Mengolah ulang konten lama untuk mencerminkan fokus baru Anda pada inklusivitas
Semua aspek merek dan kehadiran online Anda harus selaras dengan nilai-nilai inklusivitas dan rasa hormat Anda terhadap keragaman. Jika Anda sudah lama bermain game, mungkin ada konten digital lama yang tidak selaras dengan pekerjaan baru Anda. Lihatlah apa yang dapat Anda lakukan, mulai dari menulis ulang bagian-bagian hingga mencari stok ide kreatifitas baru, untuk mengomunikasikan pesan Anda dengan lebih jelas.
Pemasaran Inklusif Memanusiakan Merek Anda
Pemasaran inklusif menunjukkan rasa hormat bisnis Anda terhadap dunia yang beragam tempat kita hidup. Hal ini memungkinkan Anda memanusiakan kursus online, produk, dan merek Anda. Ini meningkatkan konten digital Anda menjadi ruang yang menyambut semua orang. Humanisasi merek adalah alat yang ampuh untuk mendapatkan keunggulan dalam ruang kewirausahaan yang kompetitif. Pemasaran inklusif adalah bagian penting dari ini.
Open Disqus Close Disqus