Pelajari tentang 7 KPIs pemasaran digital yang harus diperhatikan dalam bisnis

Dengan banyak kemungkinan bisnis dan persaingan dalam pemasaran, Anda tidak dapat membuang waktu atau mengabaikan strategi ini. Lebih dari sebelumnya, Anda perlu mengawasi KPIs (Key Performance Indicators) pemasaran digital tertentu untuk memastikan kampanye Anda berada di jalur yang benar.

Angka-angka ini dapat membantu Anda melihat bagian dari strategi yang berjalan dengan baik dan yang perlu disesuaikan. Mengetahui hal ini tepat waktu mungkin sangat penting untuk mengubah kegagalan menjadi kesuksesan.

Tetapi ada banyak metrik yang tersedia di lingkungan digital, yang mungkin membingungkan bahkan bagi mereka yang sudah bekerja dengannya.

Sangat penting untuk memilih indikator yang tepat untuk analisis ini sehingga Anda dapat selalu meningkatkan dan menjadi inovatif dalam bisnis Anda.

1. Tingkat konversi

Gagasan di balik pemantauan KPIs pemasaran digital adalah untuk memastikan bahwa tindakan Anda berhasil, bukan? Jadi, Anda harus memulai dengan metrik yang langsung ke intinya dan menunjukkan seberapa sukses inisiatif Anda.

Tingkat konversi menunjukkan persentase orang yang terpengaruh oleh konten Anda yang telah dikonversi dalam beberapa cara, yaitu mereka membeli produk, berlangganan buletin Anda, menjadwalkan kunjungan, atau tindakan lain apa pun yang ingin Anda pantau.

Tarif ini menunjukkan keefektifan kampanye Anda. Dengan kata lain, tingkat konversi yang rendah berarti Anda tidak dapat meyakinkan audiens target Anda tentang nilai penawaran yang Anda buat.

2. ROI (return on invesment)

Semua area perusahaan perlu memiliki kebiasaan menghitung ROI. ROI atau bisa disebut Pengembalian Investasi memiliki tujuan untuk menunjukkan seberapa banyak tindakan, kampanye, atau bahkan departemen tertentu yang menghasilkan keuntungan secara finansial.

Idenya tentu saja adalah untuk selalu mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi dari investasi awal.

Memantau ROI akan membantu Anda bergerak menuju tujuan ini, selalu memiliki pilihan untuk menginjak rem jika Anda melihat sesuatu yang salah.

Apakah Anda ingin tahu cara menghitung ROI dari aktivitas tertentu di perusahaan Anda? Maka perhatikan rumus berikut:
  • ROI = (laba bersihtotal investasi) / total investasi

3. Tingkat "bouncing" (pentalan)

Apakah audiens Anda benar-benar menghargai konten Anda? Cara yang baik untuk menyelesaikan pertanyaan ini adalah dengan mengukur rasio pentalan.

KPI pemasaran digital ini menunjukkan ketika pengunjung tiba di situs web Anda dan segera meninggalkannya. Ini berarti bahwa mungkin orang ini tidak menemukan apa yang mereka cari dan halaman tersebut tidak relevan.

Untuk mencegah peningkatan rasio pentalan, Anda perlu menganalisis konten Anda dan apa yang dicari audiens Anda. Dengan demikian, Anda akan dapat menyiapkan konten yang relevan.

4. Rasio klik-tayang

Beberapa tindakan dimaksudkan untuk mengarahkan audiens Anda ke halaman arahan tertentu. Memantau efektivitas kampanye pemasaran saat ini sangat penting dilakukan agar Anda dapat memahami kinerjanya.

Jika orang tidak mengklik penawaran Anda, ada sesuatu yang perlu diubah dalam strategi Anda. Mungkin kata-kata Anda tidak cukup persuasif atau gambar Anda tidak menginspirasi tindakan ini.

Menghitung rasio klik-tayang cukup mudah, cukup membagi jumlah orang yang mengklik penawaran dengan jumlah total audiens Anda. Seperti yang mungkin Anda bayangkan, idenya di sini adalah untuk menjaga agar jumlah ini selalu bertambah.

5. CPM

CPM adalah singkatan dari Cost-Per-Mille. Metrik pemasaran digital ini biasanya digunakan untuk mengukur hasil yang Anda peroleh dengan kampanye media berbayar yang berfokus pada visibilitas dan kesadaran merek.

Dengan kata lain, karena tujuannya adalah untuk dilihat oleh banyak orang, masuk akal untuk menghitung berapa banyak Anda akan membayar untuk volume tampilan. Sebagian besar platform media saat ini memberi Anda pilihan untuk menggunakan CPM, seperti Google Ads dan Facebook Ads.

Mau tahu cara mengukurnya? Sederhana saja, cukup membagi total biaya kampanye dengan jumlah tayangan yang diterima melalui iklan, lalu kalikan hasilnya dengan 1.000. Berada di jalur yang benar berarti menjaga nilai ini serendah mungkin.

6. CPC

Ini adalah KPI pemasaran digital lainnya yang terkait dengan penagihan kampanye media. CPC adalah singkatan dari cost per click / biaya per klik, dan seperti namanya ini berkaitan dengan tindakan yang sangat spesifik, yaitu mengklik target iklan.

Dalam banyak kasus, hasil yang diperoleh seperti tidak masuk akal. Anda mungkin ingin mengarahkan orang ke situs web Anda, misalnya. Jadi, Anda harus memilih mode CPC sehingga rasio klik-tayang adalah KPI kampanye.

Menghitung CPC sangat mudah, cukup membagi biaya kampanye dengan jumlah klik yang diperoleh. Dengan kata lain, CPC rendah selalu diinginkan.

7. CPA

CPA adalah singkatan dari click per action / biaya per tindakan. Ini adalah KPI pemasaran digital lain yang digunakan untuk mengukur pengeluaran media berbayar. Dengan begitu, metrik terpenting untuk merek Anda adalah tujuannya.

Apa maksud dengan "tujuannya"? Ini adalah kasus di mana Anda ingin seseorang berobat, membeli produk, mendaftar ke layanan atau buletin, mengisi formulir pendaftaran, dan lain-lain.

Ini dihitung dengan membagi total biaya kampanye dengan jumlah tujuan yang dicapai. Dengan demikian, kita dapat mengatakan bahwa CPA rendah berarti Anda menjual lebih banyak tapi dengan pengeluaran lebih murah.

Mulai lacak KPIs pemasaran digital Anda


Sekarang saatnya untuk melakukan analisis terperinci dari strategi Anda. Hanya ada satu cara untuk menilai apakah itu menghasilkan nilai bagi perusahaan Anda, yaitu dengan melacak KPIs pemasaran digital Anda.

Pertimbangkan tujuan dan sasaran Anda dan mulailah menganalisis metriknya. Mulai saat ini, periksa apa yang perlu disesuaikan dan gunakan kesuksesan Anda sebagai alat pembelajaran agar pekerjaan Anda menjadi semakin strategis.

Apakah Anda melihat bagaimana menganalisis KPIs pemasaran digital sangat memengaruhi hasil Anda? Lebih baik lagi bila Anda memiliki ide-ide berharga sejak awal.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies