Program Loyalitas dinilai sebagai salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis hingga meningkatkan keuntungan yang diinginkan perusahaan. Selain itu, bisa digunakan sebagai strategi branding dengan biaya yang relatif rendah. Program Loyalitas mampu mempertahankan pelanggan lama sekaligus meningkatkan jumlah pelanggan baru. Adapun jenis-jenis program Loyalitas, yakni sebagai berikut:
1. Loyalty program Berbasis Poin
Program ini menggunakan sistem poin seperti point reward yang akan diberikan pada setiap transaksi dengan nominal tertentu. Adapun setiap poinnya bisa ditukarkan kembali dengan berbagai hadiah yang menarik atau voucher belanja.
2. Loyalty program Berbayar
Tujuan Loyalty program pelanggan berbayar ini yaitu untuk memperlakukan pelanggan setia secara khusus dalam mendapatkan keistimewaan pada hal harga maupun pelayanan. Pelanggan akan masuk menjadi anggota berbayar dengan mendaftarkan diri yang memungkinan mereka memiliki akses lebih ke penawaran yang menarik, seperti reward langsung, diskon, cashback, gratis ongkir, hingga undian berhadiah.
3. Loyalty program Event Terbatas
Program ini memungkinkan pelanggan diundang secara khusus untuk menghadiri event spesial dengan audiens terbatas. Atau pelanggan bisa memperoleh berbagai penawaran menarik yang jarang mereka temui pada hari biasa. Pada event ini terkadang pihak perusahaan juga mengadakan kuis, sesi tanya jawab, serta pameran produk.
4. Loyalty program Berbasis Kemitraan
Loyalty program ini memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk bermitra dengan bisnis sebagai bentuk kerjasama. Dalam kemitraan ini akan memperoleh potongan harga atau komisi yang menarik. Program kemitraan ini lebih dikenal dengan Affiliate. Dimana pelanggan juga ikut aktif menawarkan produk ke lingkungan masyarakat terdekatnya melalui media sosial, blog, dan mulut ke mulut.
5. Loyalty program Bersistem Gamifikasi
Jenis loyalty program ini menerapkan prinsip-prinsip permainan digital yang menyenangkan dalam mengasah otak pelanggan, dan bisa memberikan keuntungan kepada pelanggan. Program ini sebagai bentuk pengembangan aplikasi game perusahaan yang kini tengah berkembang di masyarakat. Pelanggan bisa memperoleh poin apabila telah memenangkan permainan di satu step. Poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan hadiah berupa uang tunai, barang, dan voucher.
Setelah Anda mengenal dan mengetahui jenis-jenis Loyalty program pelanggan, Anda pasti lebih paham akan pentingnya program ini dalam bisnis Anda. Penting juga diperhatikan untuk mengembangkan Loyalty program pelanggan agar tidak terkesan monoton dan membosankan. Tidak ada salahnya menerapkan program ini sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan produk serta menjadi bentuk periklanan murah bisnis Anda.
Open Disqus Close Disqus