Apa Itu Strategi Digital Marketing & Mengapa Itu Penting?

Strategi Digital mengacu pada proses bisnis yang memanfaatkan sumber daya teknis yang ada untuk memaksimalkan outputnya. Strategi digital tidak hanya mencakup pemasaran tetapi juga berbagai departemen seperti keuangan, SDM, dan lain-lain. Bagaimanapun, sumber daya teknis harus dimiliki perusahaan jika ingin maju.

Manfaat Strategi Digital yang Efisien


Untuk menempatkan kekuatan strategi digital yang efisien dalam perspektif, berikut adalah beberapa caranya yang dapat menguntungkan bisnis:

1. Tingkatkan Upaya Pemasaran

Strategi digital yang baik juga dapat meningkatkan upaya pemasaran bisnis secara signifikan. Sebagian besar pemasaran yang dilakukan saat ini bersifat digital. Metode pemasaran tradisional kehilangan ruang untuk metodologi pemasaran digital yang baru dan inovatif. Baik itu pemasaran media sosial atau pemasaran konten, pentingnya sumber daya teknis seperti langganan perangkat lunak, perangkat komputer, internet, dan lain-lain, perlu diadakan.

Agar tim pemasaran benar-benar semangat dalam kampanye, akses tak terbatas ke semua alat digital yang dimiliki perusahaan sangat diperlukan. Dari perangkat lunak/alat pelacak pengunjung hingga platform analitik perilaku pembaca, semuanya dimungkinkan karena ketersediaan sumber daya teknis.

2. Meningkatkan Operasi Logistik

Operasi internal bisnis sehari-hari menentukan seberapa efisiennya. Seringkali, bisnis yang salah urus cenderung menghasilkan hasil yang buruk dan pegawai yang tidak bahagia. Dengan berinvestasi dan memanfaatkan sumber daya teknis, bisnis dapat membuat karyawannya bekerja untuk jangka waktu yang lebih lama dan selalu menghasilkan hasil yang luar biasa. Itu sebabnya sering didorong untuk mengambil pendekatan kreatif untuk bekerja cerdas daripada bekerja keras. Salah satu contoh perusahaan yang bekerja lebih cerdas adalah pemanfaatan layanan berbasis cloud.

3. Merampingkan Alur Kerja

Menggunakan sumber daya teknis dengan cerdas akan menghasilkan alur kerja yang dioptimalkan dan disederhanakan. Seperti disebutkan sebelumnya, layanan berbasis cloud adalah salah satu contoh bagaimana perusahaan merevolusi cara mereka beroperasi. Meskipun sebagian besar perusahaan menggunakan model TI hibrida, karena tidak semua platform dan sumber daya berbasis cloud, mereka masih dapat berkembang dalam mode jarak jauh.

Sebelum pandemi, tidak ada ahli yang percaya bahwa bisnis besar dapat berkembang dengan tenaga kerja yang sebagian besar bekerja dari jarak jauh. Namun, dengan layanan cloud, prestasi ini dimungkinkan dalam waktu singkat. Bekerja di cloud tidak hanya meningkatkan efisiensi dan moral karyawan, tetapi juga menghilangkan risiko kehilangan data. Privasi, bagaimanapun, adalah salah satu kekhawatiran yang berkembang di antara bisnis yang sekarang meminta opsi yang lebih aman.

4. Bangun Merek

Merek tidak boleh disamakan dengan perusahaan atau bisnis. Merek adalah entitas yang terpisah dari bisnis yang memproduksinya. Ini adalah citra yang merupakan produk dari semua tindakan yang diambil oleh bisnis. Seringkali strategi pemasaran dan kampanye yang menentukan identitas sebuah merek. Dengan strategi digital yang tepat diterapkan untuk mengoptimalkan upaya pemasaran digital, bisnis dapat dengan mudah membangun merek unik yang benar-benar menonjol di pasar.

Contoh Red Bull, misalnya. Red Bull adalah merek yang selalu terdepan dalam hal pemasaran yang inovatif. Membangun merek adalah tentang menemukan suara unik yang dapat dihubungkan dengan basis pelanggan Anda. Orang-orang terhibur dengan kejenakaan Wendy's. Mereka percaya bahwa McDonald's adalah tempat yang luar biasa untuk anak-anak, dan mereka merasa termotivasi ketika menemukan kampanye Nike. Ini semua adalah contoh citra merek yang memiliki kekuatan besar atas basis pelanggannya.

Sama seperti Roma, sebuah merek tidak dapat dibangun dalam sehari. Namun, jika produk atau layanan Anda adalah seorang gladiator, Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam menghasilkan strategi merek unik yang memanfaatkan secara optimal semua sumber daya teknis yang tersedia.

5. Bantuan dalam Ekspansi Bisnis

Yang membedakan strategi digital dari strategi TI adalah keterjeratannya dengan proses bisnis. Strategi TI cenderung berfokus pada sumber daya teknis yang terpisah dari bisnis atau merek. Namun, strategi digital bertujuan untuk mengubah aktivitas yang dapat berdampak langsung pada bisnis. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, Anda harus memanfaatkan sumber daya teknis Anda sepenuhnya.

Banyak bisnis sering berinvestasi di berbagai platform, namun gagal mewujudkan potensi mereka yang sebenarnya. Masuk akal bagi bisnis untuk memanfaatkan produk sepenuhnya jika mereka telah berinvestasi di dalamnya. Dengan memanfaatkan sumber daya teknis dengan cara yang kreatif, bisnis dapat meningkatkan penjualan. Pada gilirannya, mereka dapat berinvestasi dalam lebih banyak sumber daya teknis, sehingga membentuk lingkaran ekspansi bisnis yang berkelanjutan.

Menerapkan Strategi Digital


Menerapkan strategi digital bisa menjadi bagian yang rumit, karena membutuhkan kerja sama dari berbagai departemen. Selain itu, tidak ada satu ukuran untuk semua. Setiap bisnis memiliki kebutuhan dan konteks yang unik. Strategi digital harus dirancang dengan mengingat hal itu. Berikut adalah beberapa kata kunci yang harus Anda ketahui sebelum membuat strategi digital: E-niaga, pemasaran digital, periklanan, SEO, interaksi pelanggan, pasar influencer, dan data.

Aspek pemasaran dan komunikasi ini sangat erat kaitannya dengan strategi digital marketing. Tanpa strategi digital yang tepat, semua praktik pemasaran dan komunikasi ini bisa gagal total. Anda dapat memilih perusahaan TI terpisah untuk menerapkan strategi digital Anda, atau Anda dapat melakukannya sendiri. Namun, ada satu aturan yang harus selalu diingat, "tidak ada sumber daya teknis yang tidak digunakan atau kurang dimanfaatkan".

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies